Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

33 Tips Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

Tips Mengajar Siswa - Pembelajaran yang menyenangkan adalah sebuah metode yang sedang digaungkan dan menjadi trend menarik saat ini. 

Siswa akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena mereka merasa tidak terbebani, melainkan justru dengan antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar yang ada. 

Namun masih banyak guru yang merasa kesulitan jika harus mengajar dengan menyenangkan. Mereka masih terpatok pada cara-cara konvensional yang cenderung satu arah, kaku dan mengekang kebebasan siswa dan belum memahami cara mengajar yang baik dan menyenangkan.

Tips untuk pembelajaran yang menyenangkan di kelas


Beranjak dari hal tersebut, maka dalam artikel kali ini Adi Fun Learning akan membagi 33 tips jitu untuk bisa menciptakan pembelajaran yang menyenangkan di kelas.

Fun learning atau pembelajaran yang menyenangkan sudah terbukti ampuh dalam meningkatkan pemahaman siswa sekaligus berpotensi mempertajam keahlian yang dimiliki oleh peserta didik. 

1. Kuasai Materi dengan Baik

Sebelum menuju kepada teknik pembelajaran untuk menunjang keberhasilan dari fun learning, ada satu hal yang perlu dan wajib dilakukan, yakni memastikan bahwa Anda memang menguasai materi.

Kurikulum dan silabus selalu berubah. Untuk itu pastikan bahwa wawasan dan kompetensi Anda selalu bisa mengikutinya. Akan sangat berbahaya jika guru tidak mampu menguasai materi yang diajarkan. Ini akan bisa menghasilkan siswa yang tidak cakap atau bahkan gagal mencapai target pembelajaran. 

2. Gunakan Media Pembelajaran

Jaman sekarang mencari media pembalajaran sangatlah mudah. Tidak perlu membeli yang mahal, sediakan saja yang murah asal efektif. Bahkan sebagai guru, Anda bisa membuatnya sendiri.

Fungsi media edukasi sangat penting dalam suksesnya kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, pastikan Anda memiliki stok sarana yang baik dan variatif agar siswa tidak bosan serta materi dapat tersampaikan dengan lebih mudah. 

3. Siapkan Games yang Menyenangkan

Membuat games untuk siswa tidak boleh sembarangan. Ada panduan dan tata caranya. Jika Anda tertarik, silahkan baca di artikel yang berjudul cara membuat permainan edukatif yang efektif.

Dalam menggunakan games sebagai metode pembelajaran, Anda harus bersikap sportif, sabar, adil dan telaten. Anak-anak akan makin menyukai guru yang demikian. 

4. Gunakan Teknik Story Telling

Ingin tahu tips mengajar siswa agar tertarik dan menyenangkan? Semua orang sudah diceritakan berbagai dongeng, kisah atau hal menarik. Kuasai model pembelajaran story telling agar siswa Anda makin betah mengikuti pembelajaran.

Story telling juga akan sangat berguna untuk menyampaikan berbagai nilai moral yang tentu saja akan sangat dibutuhkan oleh setiap anak. 

5. Bagikan Pengalaman Pribadi

Sebagai guru, tentu saja Anda harus pandai bercerita. Ini juga terkait poin ke empat, yakni story telling. Kuasai teknik pembelajaran tersebut.

Anda juga bisa menyisipkan pengalaman pribadi yang dirasa mampu membangun semangat dan karakter siswa agar makin bersemangat dalam menuntut ilmu. Ini akan meningkatkan motivasi belajar siswa. 

6. Pastikan Penampilan Rapi dan Enak Dilihat

Siswa tidak suka guru yang rapi. Bahkan jika Anda dilahirkan dengan anugerah berupa wajah dan bentuk tubuh yang memukai, tetap kerapihan merupakan hal yang utama. 

Pastikan penampilan Anda sempurna agar siswa terus betah mengikuti pelajaran dan termotivasi setiap Anda beraksi di depan mereka. 

7. Perhatikan Volume dan Intonasi

Volume dan intonasi yang datar akan memberi kesan membosankan. Jangan sampai para peserta didik di kelas Anda lekas bosan. Terlebih jika materinya sulit. 

Untuk itu, rasa-rasanya sangat penting bagi setiap pengajar mengetahui teknik-teknik penyampaian materi agar terdengar menggugah, salah satunya adalah dengan variasi volume maupun intonasi. 

8. Persiapkan Lesson Plan dengan Baik

RPP atau lesson plan banyak bertebaran di internet. Anda tidak perlu buang-buang waktu untuk membuatnya. Silahkan unduh dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan. 

Namun bukan berarti guru harus terlena dengan hal ini. Tetap persiapkan rencana, setidaknya dalam bentuk gambaran umum mengenai bagaimana model pembelajaran yang akan Anda sampaikan di kelas nanti. Itulah fondasi utama cara mengajar siswa yang benar. 

9. Gunakan Team-Teaching

Beberapa sekolah internasional sudah menyadari pentingnya team-teaching. Mereka tidak segan-segan membayar tenaga ahli yang berkualitas untuk menjadi pengajar maupun asisten pengajar. 

Jika memungkinkan, Anda bisa mencontohnya. Team-teaching akan bermanfaat dalam mengelola kelas sehingga materi bisa disampaikan dengan lebih baik sekaligus performa anak bisa dilihat dengan lebih baik. 

10. Pembelajaran Dua Arah

Jangan lagi melakukan direct-teaching yang rentan terjadinya pembelajaran satu arah, dimana guru menjadi satu-satunya aktor di kelas. 

Ubahlah teknik dan pendekatan menjadi dua arah sehingga kegiatan belajar mengajar bisa berlangsung dengan menyenangkan dan terasa hidup. 

11. Manfaatkan Pojok Literasi

Seyogyanya setiap kelas memiliki reading corner atau pojok literasi yang berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan minat baca siswa.

Namun sayang sekali banyak institusi pendidikan yang kurang memahami hal ini. Padahal manfaatnya sangat banyak sekali. 

12. Membuat Class-Project

Ingin pembelajaran menjadi menyenangkan, hidup dan aktif? Maka libatkan juga peserta didik dalam melakukam proses KBM.

Salah satu yang umum dilakukan adalh dengan mengadakan class project. Silahkan susun ide dan aplikasikan itu bersama dengan murid-murid Anda. 

13. Mengatur Tempat Duduk

Ada banyak pilihan bentuk posisi atau formasi duduk. Ada yang melingkar, membentuk huruf L, membentuk huruf U atau dalam posisi sel kerja. 

Sebagai guru, ada baiknya anda melakukan manajemen kelas yang variatif, dengan mencoba berbagai posisi ini secara bergantian agar ada penyegaran. 

14. Humor

Seyogyanya guru juga bisa memberikan humor-humor segar yang tentu saja akan menghidupkan suasana dan memberikan aura yang menyenangkan.

Pelajari cara-cara praktis dalam membentuk karakter guru yang menyenangkan dan humoris. Cobalah untuk tidak terlalu tegang, tetapi tetap tampillah dengan penuh wibawa. 

15. Kegiatan Outdoor

Banyak referensi yang membahas tentang pentingnya kegiatan outdoor atau luar ruangan. Ini akan sangat membantu sekali bagi Anda sebagai tenaga pendidik dalam upaya menyelenggarakan fun learning. 

Kegiatan seperti berkemah, menyusuri sungai, menanam pohon, memberi makan ikan ataupun mendata jenis-jenis daun yang ada di kebun adalah contoh yang menarik untuk dicoba. 

16. Aktivitas Psikomotorik

Bukan hanya pada saat pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan saja para siswa bisa bebas bergerak, dalam subyek yang lain seharusnya Anda sebagai guru menyempatkan aktivitas yang berkaitan dengan psikomotorik.

Hal ini penting agar terjadi sebuah keseimbangan, sehingga tidak melulu faktor akademis saja yang berkembang, tetapi juga psikomotorik siswa. 

17. Wawancara

Menggunakan metode wawancara dalam rangka mengembangkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan? Mengapa tidak?

Wawancara akan sangat menyenangkan. Silahkan ajari anak cara dan panduan untuk melakukannya. Siapa tahu salah satu dari mereka ternyata sangat berbakat di bidang ini. 

18. Menyanyi Riang

Anak-anak, khususnya kelas rendah dan PAUD sangat suka menyanyi. Anda harus punya banyak stok lagu yang menyenangkan. Internet adalah sumber yang tak pernah kering untuk ini.

Menyanyi juga akan membantu para guru yang mengajar di kelas tinggi, bahkan di bangku SMP maupun SMA. Silahkan susun strategi pembelajaran yang jitu berkaitan dengan hal ini. 

19. Menonton Video Pembelajaran

Kenapa harus terus menerus terpaku pada buku? Ada banyak sekali media pembelajaran yang bisa dieksplorasi, bukan? Misalnya video.

Silahkan cari video edukasi yang akan membuat kelas Anda menjadi sangat menyenangkan. Selain itu Anda juga bisa mendapatkannya di Youtube. Baca 100 channel yang bermanfaat sehingga referensi dan wawasan Anda bertambah luas. 

20. Terjun Ke Masyarakat

Pada dasarnya belajar di sekolah adalah upaya untuk mempersiapkan para siswa dalam menyongsong dunia kerja ketika nantinya kembali kepada masyarakat. Untuk itu, jangan pisahkan dunia sekolah dengan lingkungan.

Sekali-kali, buatlah social project yang akan sedikit 'memaksa' para siswa sekolah agar bisa melihat bagaimana dan apa yang terjadi di masyarakat. 

21. Memupuk Keberanian Melalui Presentasi 

Presentasi adalah hal yang paling esensial. Dalam dunia kerja, presentasi adalah kegiatan wajib yang akan berpengaruh besar bagi karir seseorang.

Rajin-rajinlah mengajarkan tips dan cara presentasi yang baik. Namun lebih dari itu, bantu mereka untuk bisa menyajikan materi, karya ataupun ide mereka di hadapan orang lain dengan baik melalui praktek. 

22. Memberi Kebebasan yang Terarah

Jangan suka mengekang kebebasan siswa. Jaman sudah berganti dan dunia sudah berubah. Anda harus menanamkan nilai-nilai kebebasan dan kemanusiaan sedari dini. 

Arahkan mereka untuk bisa mengembangkan bakat dengan baik. Beri panduan yang jelas namun tetap selalu ciptakan ruang bagi peserta didik untuk mengungkapkan gagasan mereka. 

23. Meningkatkan Semangat Literasi

Membaca buku, teks atau novel adalah ide yang baik dalam membantu Anda menciptakan kondisi yang menyenangkan di kelas. 

Selain itu, hal-hal tersebut bisa meningkatkan semangat literasi. Anda juga bisa meminta mereka membuat karangan tentang apa saja dan kemudian memberikan panduan yang bermanfaat sehingga keterampilan menulis mereka makin terasah. 

24. Kendalikan Diri

Semua orang bisa marah dan terpancing emosinya, termasuk juga Anda sebagai guru. Bahkan pekerjaan menjadi seorang pendidik sangat rentan dengan hal ini.

Untuk itu penting bagi diri Anda menguasai anger-management. Kendalikan diri dan jangan pernah marah di luar batas profesionalitas. Mereka murid Anda sekaligus anak dari orang tuanya. 

25. Mengelola Ruang Kelas

Sangat sulit menciptakan pembelajaran yang menyenangkan jika tatanan ruang kelas tidak mendukung. Jangan jadi guru yang suka dengan zona nyaman. Cobalah ekspresikan imajinasi Anda dan atur ruang kelas sedemikian rupa.

Anda bisa mencari banyak ide di Pinterest ataupun blog-blog pendidikan yang dikelola oleh sesama guru. Dapatkan inspirasi yang terbaik lalu aplikasikan dengan segera. 

26. Berperan Sebagai Fasilitator Pendidikan

Guru jaman sekarang tidak boleh hanya berperan seolah-olah sebagai sang maha tahu. Banyak siswa yang bisa mengakses pengetahuan dari internet ataupun lembaga bimbingan belajar. Mereka bisa jadi lebih berwawasan dari Anda. 

Untuk itu, ada satu hal yang harus Anda ingat selalu, posisikan diri Anda juga sebagai seorang fasilitator pendidikan sehingga potensi anak didik bisa lebih terarah dan optimal. 

27. Melakukan Pendampingan 

Masih terkait dengan poin di atas, wajib hukumnya bagi seorang guru untuk melakukan pendampingan terhadap semua murid, terlebih bagi yang membutuhkan.

Jadikan diri Anda role model yang baik, bersemangat dan menyenangkan. Selain itu dampingi anak-anak dalam belajar maupun ketika ada kebutuhan yang harus dipenuhi di luar pembelajaran. Anda akan dengan mudah mendapatkan simpati dari para murid. 

28. Memberi Tugas yang Meningkatkan Daya Cipta

Dalam pembelajaran yang menyenangkan, jangan selalu memberi tugas yang bersifat monoton, seperti mendikte ataupun mengerjakan latihan dari lembar kerja. 

Carilah ide-ide segar. Beri mereka tugas yang menyenangkan serta menantang imajinasi. Kembangkan daya cipta mereka agar mampu berkreasi lebih baik lagi. 

29. Telaten

Jangan suka marah. Itu akan memberikan gambaran buruk pada siswa mengenai Anda. Jadilah pribadi yang baik, suka senyum dan telaten.

Mungkin ada banyak anak yang kecepatan pemahamannya lebih lambat dibanding teman-temannya. Dampingi mereka dengan sabar dan telaten. 

30. Melakukan Pembelajaran Dengan Tepat

Pembelajaran menyenangkan juga harus disesuaikan dengan silabus dan rencana mengajar Anda. Ada kalanya memang harus melakukan tes konvensional. Untuk itu, penting mengetahui kapan melangsungkan KBM secara variatif dan kapan harus menjalankan metode leksikal.

Untuk hal itu, Anda harus memiliki jam terbang yang tinggi. Pengalaman akan sangat membantu dalam menentukan kapan dan materi mana yang harus dilakukan dengan fun learning atau konvensional. 

31. Bersedia Mengkoreksi Diri

Tidak ada insan yang sempurna, bahkan seorang guru sekalipun. Internet dan teknologi dengan cepat berkembang. Anak-anak akan mudah mendapatkan ilmu yang lebih banyak daripada Anda. Untuk itu, jikalau memang belum behasil dalam menyelenggarakan pembelajaran secara maksimal, cobalah untuk mengkoreksi diri.

Jangan jadi guru yang sombong, egois dan tidak mau berubah. Tanamkan sikap dinamis, luwes dan selalu ingin menjadi lebih baik setiap harinya. 

32. Komunikatif

Ini adalah salah satu sikap yang harus Anda kembangkan sebagai seorang yang selalu bersinggungan dengan orang lain, baik itu murid sesama rekan pengajar atau atasan dan walimurid.

Jangan jadi kaku. Ubah gaya komunikasi sehingga mampu menciptakan nuansa yang nyaman bagi siapapun yang berbicara dengan Anda. 

33. Selalu Giat Meningkatkan Kualifikasi 

Bacalah berbagi literatur dan website pendidikan yang akan membantu Anda meningkatkan kemampuan mengajar. Salah satu blog pendidikan terbaik di Indonesia saat ini adalah Esaiedukasi.com yang rutin mengulas berbagai hal di bidang pendidikan dan pengembangan diri.

Selain itu tidak ada salahnya untuk saling bertukar pikiran dengan rekan-rekan pengajar lain di forum KKG, MGMP ataupun lokakarya dan workshop. 

Demikianlah 33 tips yang bisa dilakukan para guru maupun tenaga pendidik jika ingin menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa. Silahkan bagikan konten ini jika bermanfaat.  

Posting Komentar untuk "33 Tips Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan"