Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Mudah Meningkatkan Motivasi Siswa

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa - Motivasi sangat berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran dan daya serap materi oleh siswa. Saking pentingnya hal yang satu ini, sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait motivasi siswa.

Siswa dengan motivasi tinggi akan lebih mudah menyerap materi pembelajaran. Hal yang sebaliknya juga berlaku, yakni murid dengan motivasi yang rendah biasanya kesulitan dalam memahami materi dan pelajaran sekolah.

Pada akhirnya motivasi belajar dapat mempengaruhi prestasi siswa. Untuk itu guru harus memperhatikan hal-hal terkait motivasi belajar siswa.

Sebagai guru, sudah sewajibnya untuk menyampaikan materi sebaik mungkin kepada siswa. Namun jika melulu hanya memikirkan hal ini, maka pada dasarnya hanya akan meninggalkan lubang yang besar yang akan terus membesar seiring dengan berjalannya waktu.

Guru juga harus memotivasi siswa di samping menyampaikan pembelajaran. Lantas bagaimana caranya untuk meningkatkan minat belajar?

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar | adifunlearning.blogspot.com
Tips Meningkatkan Motivasi Belajar


Dalam artikel kali ini, Adi Fun Learning sebagai blog sahabat para guru, siswa dan orang tua akan memberikan 10 tips mudah untuk bisa meningkatkan motivasi belajar siswa. Apa saja kesepuluh tips tersebut? Selamat membaca.

1. Membangkitkan Kesadaran

Ini hal pertama yang harus dilakukan seorang guru dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa.

Mungkin banyak orang tidak termotivasi karena tidak tahu betapa pentingnya materi yang sedang mereka pelajari untuk kehidupan mereka kelak. Itulah pertama-tama tugas Anda sebagai guru.

Biasakan mengajar dengan pola yang terstruktur dan sebelum masuk ke inti materi, luangkan waktu untuk menjelaskan pentingnya sesuatu yang akan mereka pelajari untuk menunjang kehidupan mereka kelak. Buat mereka benar-benar menyadari dan mencintai pendidikan.

2. Beri Reward

Memberi hadiah merupakan hal yang wajar dan sah. Beri murid hadiah yang akan memotivasi mereka untuk terus belajar dan aktif dalam proses belajar mengajar.

Hadiah sederhana berupa pensil untuk yang bisa menjawab pertanyaan, atau mouse komputer untuk sang juara kelas tidak hanya memotivasi satu orang. Itu akan menjadi inspirasi bagi yang lain untuk bisa seperti mereka, yakni juga menjadi siswa berprestasi.

Setelah menyadari hal ini, untuk meningkatkan semangat belajar siswa, bahkan hanya butuh stiker. Baca artikel mengenai hal itu di sini.

Sebagai guru, sudah sewajibnya untuk menyampaikan materi sebaik mungkin kepada siswa. Namun jika melulu hanya memikirkan hal ini, maka pada dasarnya hanya akan meninggalkan lubang yang besar yang akan terus membesar seiring dengan berjalannya waktu.

3. Terapkan Fun Learning

Pelajari bagaimana tips melakukan pembelajaran secara menyenangkan. Sertakan games dan aktivitas luar ruangan alih-alih hanya terpaku untuk menghabiskan soal-soal di buku paket dan melakukan pembelajara monoton.

Gunakan ruang kelas, taman, perpustakaan sebagai sumber belajar. Gali potensi mereka dengan cara belajar yang menyenangkan.

Jika Anda tertarik mengenai cara menyelenggaran pembelajaran berbasis fun learning, silahkan baca artikelnya di Panduan Lengkap Melakukan Pembelajaran Menyenangkan.

Untuk membantu Anda membuat games edukatif yang efisien, silahkan baca artikel : Pedoman Membuat Games Seru, Menyenangkan, Dan Bermakna Di Kelas

4. Hubungkan Materi Dengan Kehidupan

Mereka susah mencerna FPB dan KPK? Buat soal dan ilustrasi yang ada hubungannya dengan dunia nyata. Ingin menjelaskan perihal perbedaan Legislatif dan Eksekutif? Nyalakan tivi dan ajak mereka nonton berita. Sedang mempelajari koperasi? Buat saja simulasi koperasi kecil-kecilan.

Intinya kaitkan materi pelajaran di dalam kelas dengan dunia nyata. Ingat, hal ini nantinya akan membuat siswa menyadari betapa pentingnya belajar demi masa depan.

5. Trend

Anak akan lebih termotivasi jika apa yang mereka pelajari terasa keren. Cari tahu apa yang sedang ngetrend. Hubungkan itu dengan materi pelajaran tanpa harus menyingkirkan esensinya.

Pendidikan harus dinamis, tidak boleh stagan. Terlebih di era 4.0, siswa akan sangat tergantung dengan informasi yang mereka dapatkan dari internet.

6. Inspirasi Dari Tokoh Terkenal

Manfaatkan kisah hidup para tokoh terkenal untuk menginspirasi siswa dalam belajar. Diharapkan dengan membaca atau berkaca dari orang-orang sukses tersebut, siswa akan terlecut untuk bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

Selain tokoh-tokoh yang sudah sering muncul di buku pelajaran seperti Bung Karno, Habibi maupun Ki Hajar Dewantara, hadirkan pula para pesohor yang sering dibahas publik jaman sekarang. Sebagai contoh adalah Bill Gates, Donald Trump maupun sang jenius pencipta mobil luar angkasa, Elon Musk.

7. Pembelajaran Luar Ruangan

Usahakan untuk memiliki jadwal belajar di luar ruangan. Sesekali manfaatkan taman, perpustakaan, atau lapangan basket di sekolah.

Bahkan siswa bisa saja akan semakin termotivasi jika Anda ajak belajar ke museum kota, pasar, bank, atau pantai. Pembelajaran luar ruangan sangat penting untuk bisa mengatasi kejenuhan siswa.

8. Jadilah Role Model

Ini juga sebuah poin penting yang sering terlupakan. Sebelum anda memotivasi orang lain, pastikan diri Anda sudah memiliki motivasi yang baik dalam mengajar dan menjalankan peran sebagai guru.

Jadilah inspirasi bagi para siswa. Berhati-hatilah dalam mengelola emosi. Cintai semua siswa dengan aneka latar belakang dan pengalaman mereka. Jadilah guru yang hebat.

9. Praktik

Praktikkan apa yang sudah dipelajari. Tentu saja hal ini akan membuat siswa menyadari bahwa materi di kelas tidak sia-sia. Jika perlu buat jadwal khusus untuk praktik.

Jangan sampai mereka menganganggap apa yang Anda sampaikan hanyalah omong kosong, tetapi pastikan itu bisa dipraktikkan. Siswa akan menjadi lebih termotivasi untuk belajar.

10. Kompetisi

Carilah info mengenai aneka lomba yang bisa diikuti. Rajin-rajinlah membuka situs Kemendikbud. Berbagai lomba baik itu proyek, proposal, karya ilmiah, ataupun karya sastra akan menjadikan siswa Anda berapi-api. Ini juga sekaligus sebagai upaya untuk membentuk mental juara dalam para siswa sejak dini.

Demikianlah artikel Adi Fun Learning kali ini mengenai 10 tips untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Baca terus artikel bermanfaat dari kami, seperti plengkap Teori Behavioristik yang akan membantu Anda memahami para siswa dengan lebih baik . Terima kasih dan jangan lelah untuk terus memajukan pendidikan Indonesia. (Adi Fun Learning)
Adi
Adi Penulis adalah seorang praktisi, inovator dan pemerhati pendidikan. Memiliki pengalaman terjun di dunia pendidikan sejak 2007. Aktif menulis di berbagai media massa, baik cetak maupun elektronik. Blog yang sedang Anda baca adalah salah satu situs miliknya. Memiliki kerinduan untuk melihat generasi muda menjadi generasi pemenang yang siap menyongsong era Industri 4.0

2 komentar untuk "10 Tips Mudah Meningkatkan Motivasi Siswa "

  1. Semoga dengan cara ini siswa nya makin semangat belajar ya. walau skrg masih pada #dirumahaja. Semangattt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Guru harus rajin-rajin inovasi nih. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Bahasa Inggris

Soal Matematika

Referensi Selanjutnya

Soal PJOK

Tematik

Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom / kotak pencarian tepat di bawah ini. Terima kasih.

Berlangganan via Email