Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

21 Situs Terbaik Untuk Guru

Situs Pendidikan Terbaik untuk Guru -  Ada jutaan situs di dunia maya. Beberapa diantaranya memiliki konten yang sangat informatif dan berguna untuk meningkatkan wawasan Anda sebagai seorang guru. Apa saja situs-situs tersebut?

Kali ini Adi Fun Learning akan berbagi mengenai 21 situs di internet yang bisa Anda jelajahi untuk meningkatkan kompetensi sebagai seorang guru. Sebagian dari situs ini mungkin sudah Anda kenal, namun ada sebagian lainnya yang harus Anda coba.

21 situs internet terbaik untuk guru
Situs Pendidikan


1. National Geographic / NGL

National Geographic adalah suatu lembaga non-profit yang memiliki SDM luar biasa. Bukan hanya tentang penjelajahan, tetapi juga dokumentasi dan entertainment.

Sebagai seorang guru, Anda bisa menikmati banyak sekali resources gratis yang melimpah di sana. Selain dalam bentuk digital, Anda juga bisa mencoba berlangganan majalah fisik dari The National Geographic.

Untuk bahasa Inggris, Anda bisa mengaksesnya di alamat https://www.nationalgeographic.com/

Sedang untuk versi bahasa Indonesia bisa diakses di https://nationalgeographic.grid.id/

Sedang untuk divisi edukasi dan teaching learning, National Geographic meluncurkan NGL atau National Geographic Learning.

Anda juga bisa memakai buku dan resources yang luar biasa dari NGL jika sekolah Anda bekerja sama resmi.

Namun jika tidakpun, Anda tetap bisa mengaksesnya di alamat https://ngl.cengage.com/

2. Wikipedia / Wikihow

Wikipedia adalah suatu ensiklopedia digital yang gratis dan bisa dinikmati semua orang. Penulisnya pun dari berbagai kalangan dan disunting dengan sangat baik dan teratur.

Sudah sejak lama Wikipedia menjadi rujukan ilmiah dan akademis. Walau ada beberapa institusi yang nampaknya malu-malu mengakui manfaatnya.

Untuk mengaksesnya silahkan klik di alamat https://www.wikipedia.org/

Sedang untuk menjawab aneka pertanyaan dan mencari panduan bersifat how-to, silahkan klik di alamat https://id.wikihow.com/ yang adalah situs kembaran Wikipedia bernama Wikihow

3. Esai Edukasi

Esai Edukasi adalah sebuah blog berbahasa Indonesia yang fokus membahas dunia pendidikan, parenting dan pengembangan diri. Di sana Anda juga bisa berkontribusi dan mengirimkan artikel.

Ada banyak konten bermanfaat dan informatif di sana yang tentu saja harus Anda kunjungi. Silahkan klik tautan www.esaiedukasi.com

4. Cambridge

Cambridge awalnya adalah sebuah universitas terkemuka di Inggris. Seiring berjalannya waktu, Cambridge muncul menjadi salah satu pusat pendidikan dan pengajaran bagi ribuan sekolah di seluruh dunia.

Banyak institusi yang dalam bisnisnya bangga menyandang label Cambridge serta mendapat suplai buku dan sarana pendidikan lainnya dari universitas asal tanah Ratu Elizabeth itu.

Jika Anda tertarik dengan berbagai resources yang memang sangat berkualitas dari Cambridge, silahkan kunjungi di https://www.cambridgeenglish.org/ Bukan hanya mata pelajaran Bahasa Inggris, Cambridge juga menyediakan berbagai subyek ilmu.

5. Historia

Ini adalah majalah sejarah nomor satu dan paling berkualitas di Indonesia. Artikel-artikel yang disediakan selain informatif juga enak untuk dinikmati sembari minum kopi dan ngemil kacang goreng. 

Untuk membaca historia secara online, buka saja link https://historia.id/

6. TED

Awalnya hanya membahas Teknologi, Entertainment dan desain. Namun kemudian acara yang menyuguhkan seminar dari para expert itu juga membahas berbagai bidang kehidupan.

Saksikan video-video luar biasa dari orang-orang hebat yang berbagi banyak hal bermanfaat di tautan https://www.ted.com

7. Quora

Sebenarnya Quora adalah situs tanya jawab. Lalu kemudian ia berkembang menjadi sebuah media sosial yang luar biasa dan elegan.

Ada banyak fitur menarik yang tersedia. Anda bisa bertanya, menjawab, berinteraksi secara anonim, bahkan menulis blog dan mengirim pesan ke pengguna lainnya.

Akan lebih baik jika Anda mengunduh aplikasi yang satu ini, namun jika ingin membuka secara online, silahkan klik https://id.quora.com/

8. KBBI Daring

Bosan dan ribet dengan kamus KBBI yang memang besar? Kenapa tidak mengunjungi secara online di alamat https://kbbi.kemdikbud.go.id/ Penampakannya sederhana namun manfaatnya sangatlah besar. 

9. Huffington Post

Apa itu Huffington Post? Jika Anda menerka yang satu ini sebagai koran, maka Anda benar. Setidaknya Huffington Post adalah koran online yang memiliki jutaan pembaca setia. Mengapa? Karena konten yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang. Mau jadi salah satu pembaca Huffington Post? Ketik saja https://www.huffpost.com/

10. LIPI

LIPI adalah kependekan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di situsnya yang beralamat di http://lipi.go.id/ Anda bisa menemukan berbagai publikasi menarik yang tentu saja akan menambah wawasan Anda sebagai seorang guru. 

11. Adi Fun Learning

Kenapa tidak menjadi pembaca setia blog kami? AFL atau Adi Fun Learning akan memberikan berbagai konten menarik seputar inovasi, metode, teori, problematika dan riset di bidang pendidikan. Silahkan bookmark alamat kami di https://adifunlearning.blogspot.com/

12. Perpustakaan Nasional

https://www.perpusnas.go.id/ adalah tautan untuk Perpustakaan Nasional. Di sana, Anda bisa mendaftar dan meminjam berbagai publikasi menarik dan bermanfaat. Kunjungi dan manfaatkan berbagai fasilitas yang ada di sana.

13. Teachtought

Memang memiliki kemampuan berbahasa Inggris sangat membantu, mengingat ada banyak situs menarik yang hanya tersedia dengan bahasanya David Beckham itu. Contohnya Teachtought yang memiliki url di https://www.teachthought.com/ Temukan banyak konten yang spesifik mengenai pendidikan di sana.

14. Read Write Think

Kali ini juga berbahasa Inggris. ReadWriteThink yang bisa Anda akses via internet di laptop Anda dengan alamat http://www.readwritethink.org/ ini menyediakan berbagai sumber inspirasi yang luar biasa. 

15. Lazy Tekno

Walau nampaknya masih muda dan belum terlalu banyak konten, tetapi Lazy Tekno adalah tempat yang baik untuk mencari sumber inspirasi dan artikel. Berbagai tulisan yang informatif seputar teknologi, sains dan sejarah akan membantu Anda menjadi guru berwawasan luas. Ingin mencoba? Silahkan saja kunjungi blog tersebut di www.lazytekno.blogspot.com 

16. The Guardian

Untuk menikmati berbagai artikel dan video serta podcast bermanfaat dari The Guardian, silahkan saja kunjungi https://www.theguardian.com/education/academies 

Ada baiknya Anda subscribe untuk bisa menikmati kiriman konten gratis langsung ke inbox Anda.

Selain 16 situs di atas, ada lagi beberapa situs yang patut Anda kunjungi sebagai berikut : 

17.  BBC



18. Rumah Belajar Kemendikbud


19. Ecology

Untuk pembelajaran tentang ekologi, alam, ekosistem dan melihat berbagai proyek menarik silahkan kunjungi www.ecology.com

20. VOA

Awalnya adalah stasiun TV asal Amerika. Namun kemudian berkembang menjadi salah satu pusat berita, pendidikan dan informasi bermanfaat. Kunjungi situsnya di https://learningenglish.voanews.com/

21. The Asia Parent

Bukan hanya materi tentang pengetahuan dan pendidikan, Anda juga harus mengupgrade pengetahuan Anda seputar parenting dan psikologi anak. Tentu ini adalah sesuatu yang Anda butuhkan sebagai seorang guru.

Dan untuk itu, maka kunjungi https://id.theasianparent.com/ yang merupakan situs The Asia Parent versi bahasa Indonesia. 

Demikianlah 21 situs yang bisa Anda kunjungi. Silahkan pilih atau buka saja semua tautan di atas dan jadilah guru yang berwawasan luas.

4 komentar untuk "21 Situs Terbaik Untuk Guru"