Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

5 Aktivitas Pembelajaran Online yang Menyenangkan dan Efektif

Pembelajaran online semakin populer dan menjadi sesuatu keharusan. Mau tidak mau, pihak sekolah, guru, siswa maupun orang tua harus membiasakan diri untuk hal tersebut. 

Bahkan faktanya masih banyak guru yang bingung apa yang harus dilakukan ketika 'dipaksa' menyelenggarakan pembelajaran online. Terlalu lama berada di zona nyaman membuat mereka enggan untuk memperkaya wawasan mengenai teknik-teknik pembelajaran terbaru yang mutakhir. 

Padahal ada banyak sekali pilihan yang bisa diambil ketika diharuskan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara daring. 

Berikut ini Adi Fun Learning akan memberikan 5 aktivitas kegiatan belajar mengajar yang seru namun efektif yang bisa dilakukan selama diharuskan menyelenggarakan aktivitas secara daring atau online. 

Daftar Isi:

macam-macam aktivitas pembelajaran online
Pembelajaran Online

Live Streaming

Ini adalah hal yang umum dilakukan di dunia kerja, yakni meeeting jarak jauh atau webinar secara live streaming. Di masa pandemi seperti sekarang ini, pilihan untuk melangsungkan pembelajaran online bisa jadi harus diambil.

Live Streaming memungkinkan para guru terus dapat menjelaskan materi kepada siswa tanpa perlu harus bertatap muka. Salah satu aplikasi yang sangat mendukung pembelajaran live streaming adalah Zoom. 

Silahkan baca artikel cara menggunakan Zoom Cloud Meetings untuk kegiatan belajar mengajar secara daring agar Anda sebagai guru paham cara memanajemen kelas tanpa harus mendatangkan murid ke kelas. 

Flipped Classroom 

Apa itu flipped classroom? Itu adalah nama sebuah metode pembelajaran mutakhir yang sudah jamak dilakukan saat ini, yaitu dengan membalik pembelajaran menjadi pemberian materi berupa video, power points ataupun rangkuman untuk kemudian didiskusikan bersama.

Anda bisa melakukan ini, membuat siswa mempelajari materi untuk kemudian dibahas secara lebih mendalam ketika melangsungkan belajar online menggunakan Zoom Cloud Meetings, Google Meeting ataupun Youtube Live Streaming

Learning Management System 

Learning Management System atau LMS adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh para guru dan tenaga pendidik untuk memastikan siswa tetap belajar walau tidak datang ke sekolah.

Dengan LMS, maka siswa akan menerima berbagai tugas dengan durasi waktu pengerjaan yang sudah ditetapkan ataupun dijelaskan dengan guru. Pengumpulan tugas harus sesuai dengan durasi waktu tersebut karena jika lewat akan mempengaruhi hasil penilaian.

LMS juga memungkinkan siswa untuk berdiskusi antar mereka dalam membahas tugas-tugas tertentu. Guru bisa memfasilitasi, memantau dan membimbing setiap diskusi yang dilaksanakan. 
Ini adalah salah satu macam model pembelajaran yang bisa dipertimbangkan untuk dipakai saat ini sekaligus elemen dari pembelajaran online dimana siswa harus aktif mengembangkan diri dan menguasai materi meskipun dari rumah. 

Google Forms

Google Forms adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan siswa untuk bisa mengerjakan tugas yang diberikan dengan bantuan internet. 

Guru bisa membuat sebuah tes dengan berbagai macam tipe : pilihan ganda, uraian, deskripsi, dll lalu kemudian mengirimkan link yang menuju ke laman itu. Siswa tinggal mengklik tautan tersebut dan akhirnya mengerjakan tes itu dari mana saja menggunakan gadget. 

Sebagai contoh guru membuat quiz yang berisi pertanyaan tentang penggunaan since dan for dalam Bahasa Inggris. Siswa lalu mengerjakan quiz tersebut. Guru bisa mengatur apakah siswa langsung bisa melihat hasil tes mereka saat itu juga atau tidak. 

Penugasan Mandiri

Penugasan Mandiri juga bisa menjadi solusi ketika harus melaksanakan kegiatan dalam bentuk online dan tidak tatap muka. 

Guru bisa meminta siswa untuk melakukan beberapa proyek menarik, antara lain membuat rangkuman materi, denah rumah, model peredaran darah manusia, hingga cerita bersambung. 

Bahkan ini bisa jadi solusi mengatasi anak yang malas belajar karena guru hanya melakukan pembelajaran yang kuno, konservatif, tidak menarik dan berpusat pada buku paket saja. 

Posting Komentar untuk "5 Aktivitas Pembelajaran Online yang Menyenangkan dan Efektif"