Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

11 Cara Agar Mata Pelajaran Sejarah Menjadi Menyenangkan

Mengajar Sejarah di Sekolah - Pelajaran sejarah sering terasa membosankan bagi banyak siswa. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak hidup. Lalu bagaimana solusinya.

Dalam artikel ini, Adi Fun Learning akan berbagi 11 cara supaya pelajaran sejarah menjadi menyenangkan.
Cara supaya sejarah menjadi menyenangkan
Mata Pelajaran Sejarah di Sekolah


Stigma tentang pelajaran sejarah


Sebelum kita membahas satu persatu cara tersebut, ada baiknya kita mengupas stigma yang cenderung tumbuh mengenai mata pelajaran sejarah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Sejarah itu membosankan.

2. Sejarah itu sulit. 

3. Sejarah itu tidak bermanfaat.

4. Sejarah itu rumit.

5. Materi pelajaran sejarah sangat padat.

Faktor yang membuat pelajaran sejarah tidak menarik


Tidak mudah untuk menghapus stigma-stigma tersebut. Terlebih jika kita sadari ada banyak faktor yang secara langsung maupun tidak mempengaruhinya, antara lain : 

1. Tingkat kesulitan materi.

2. Kemampuan dan gaya mengajar guru.

3. Kondisi psikis siswa.

4. Sarana dan prasarana pembelajaran.

5. Dll.

Melihat hal itu, maka sebelum mencari solusi agar pelajaran sejarah menyenangkan ada baiknya untuk mengatasi faktor tersebut di atas.

11 Cara Membuat Pelajaran Sejarah Menyenangkan 


Lalu bagaimana cara agar pelajaran sejarah bisa terasa lebih menyenangkan dan menarik minta siswa? Berikut adalah 11 langkah yang bisa Anda lakukan :

#1 Video Edukatif.

Ada banyak channel youtube maupun situs yang menyediakan video pembelajaran tentang sejarah. Mereka membuat video itu menjadi enarik dengan infografis, efek, dll. Tentu hal ini sangat menyenangkan. 

Anda memang bisa juga melakukannya jika Anda mau. Metode ini dinamakan flipped classroom (baca tutorialnya di sini). Namun mengapa harus repot jika ada banyak video hebat yang sudah tersedia di dunia maya?

#2 Mastergroup.

Bagi kelas menjadi beberapa grup. Beri tiap kelompok satu materi untuk dikusai. Lalu kelompok yang lain bisa saling bertanya mengenai materi-materi yang tidak mereka kuasai pada kelompok lain. 

Misal, satu kelompok belajar tentang Maria Montessori, sedang yang lain mempelajari Ki Hajar Dewantara. Lalu mix semuanya agar mereka saling berbagi pengetahuan. 

11 cara agar mata pelajaran sejarah menyenangkan


#3 Drama.

Tidak semua anak menyukai drama. Terlebih drama yang ribet dan kacau. Hati-hati dalam melakukan drama. Pastikan itu semua efektif dan bisa dalam kendali Anda sebagai guru. 

#4 Kliping.

Kliping juga bisa membantu Anda dalam membuat sejarah menjadi menyenangkan. Tautkan dengan isu-isu terkini, dan minta mereka untuk mencari referensi dari majalah, koran, atau internet.

Salah satu isu yang cukup populer adalah mobil listrik. Minta mereka mencari sejarah tentang mobil listrik (Sumbernya bisa Anda baca di artikel : Sejarah Mobil Listrik

#5 Karyawisata.

Berkunjung ke museum adalah sesuatu yang sangat menarik. Tidak hanya museum, Anda juga bisa mengajarkan sejarah dengan berkaryawisata mengunjungi benteng kuno, rumah tua, situs perjuangan, taman makan pahlawan, dll.

pengajaran menyenangkan sejarah


#6 Presentasi.

Presentasi memang sangat menantang. Ajari mereka cara berpresentasi yang benar. Lalu tantang mereka untuk mempresentasikan sesuatu yang sudah mereka pelajari dengan cara mereka, seperti misalnya kisah hidup dan perjuangan Bung Karno (sumbernya bisa Anda bisa Anda lihat di sini). 

Tidak melulu dalam group dan menggunakan LCD, mereka bisa berpresentasi dengan apapun yang mereka mau, bahkan termasuk dengan mimik dan storytelling. 

#7 Debat.

Bagi mereka dalam beberapa kelompok dan ajak mereka untuk saling mempertahankan pendapat. 

Ingat, sebelumnya ajarkan cara berdebat dan alur berpikir logis agar perdebatan ini berfaedah. 

#8 Class Project : Majalah Dinding.

Majalah dinding adalah cara mengekspresikan sesuatu. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk memancing rasa ketertarikan siswa pada pelajaran sejarah. 

Ajak mereka membuat majalah dinding sekreatif mungkin. 

#9 Esai 

Esai sangat penting. Ajarkan sejarah sambil cara menyampaikannya menggunakan esai. (Baca panduan mengenai esai di sini

#10 Class Project : Research Group.

Ada banyak potensi yang bisa Anda temukan dengan mengajarkan sejarah pada mereka. Siapa tahu diantara murid Anda ada yang berbakat menjadi seorang researcher?

Lantas mengapa tidak mencoba memberi mereka tugas untuk meneliti suatu obyek sejarah dan merangkumnya dalam suatu paper?

Hal-hal seperti : sejarah desa, mitos rumah tua di jalan anu, kisah pendiri toko kelontong itu,dll pasti menarik untuk dikupas. 

Untuk referensi, Anda bisa mencari di google. Atau jika ingin cara lain, Anda bisa mencoba 10 search engine lain yang pastinya akan membuat Anda memiliki banyak referensi. 

#11 Class Project : Making VLog

Anda bisa meminta siswa untuk membuat vlog yang berkaitan dengan sejarah. Hal ini pasti membuat mereka tertantang. 

Topik yang mungkin bisa Anda berikan seperti : pendapatmu tentang sejarah, dongeng berdirinya kota Surabaya, Sejarah Di Balik Monumen Dirgantara, atau hal-hal yang bersifat lokal semacam kisah seorang pejuang ketika mempertahankan kemerdekaan dari Belanda, dll. 

Setelah itu unggah video yang sudah Anda periksa ke channel youtube sekolah atau facebook mereka. Hal ini akan meningkatkan minat mereka pada sejarah.

Demikianlah artikel kita hari ini tentang 11 cara untuk membuat mata pelajaran sejarah menjadi menyenangkan dan menarik. Semoga bermanfaat untuk Anda. 

4 komentar untuk "11 Cara Agar Mata Pelajaran Sejarah Menjadi Menyenangkan "

  1. Sepanjang gua belajar sejarah emang yang paling sekut belajar melalui sebuah video dokumenter ato edukasi,,,,so interest bet cuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, media audiovisual memang menarik dan cukup efektif.

      Hapus
  2. pke permainan , kartu domino, ular tangga dsj
    tentu materinya sejarah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tepat sekali. Mungkin kak Florentina bisa share untuk para pembaca? :)

      Hapus