Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

Benda di Sekitarku | Materi Tema 3 Subtema 2 Kelas 3

Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 - Ada berbagai macam jenis benda menurut fungsi, kekuatan, bentuk dan bahan penyusunnya. Dalam materi kali ini Adi Fun Learning akan memberikan pembahasan lengkap tentang : 

  • Pengertian Benda
  • Penggolongan Benda
  • Kegunaan Benda-Benda Bagi Kehidupan

Artikel ini akan menjadi suplemen tambahan pelajaran yang tepat untuk para guru yang mengajar kelas 3 Tema tiga subtema dua. Jika dilihat dari karakteristiknya, materi ini merupakan kombinasi dari pelajaran sains dan Bahasa Indonesia. 

Materi Tema 3 Subtema 2 Kelas 3

Kami berharap materi ini bisa membantu guru yang mengajar di sekolah dasar dengan kurikulum nasional berbasis tematik dalam mendidik para siswa agar memahami benda dan jenis-jenisnya. 

Pengertian Benda

Benda adalah segala sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Benda bisa diindera menggunakan panca indera, seperti bisa dilihat menggunakan mata, didengar menggunakan telinga atau disentuh menggunakan tangan (kulit). 

Massa adalah banyaknya materi yang terkandung dalam suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, istilah massa mirip (namun tidak sama persis) dengan berat. Untuk menggukur massa maka dilakukan penimbangan menggunakan timbangan atau alat lainnya. 

Jika dilihat dari definisi di atas, maka :

  • Cahaya bukanlah benda.
  • Suara bukanlah benda.
  • Panas bukanlah benda.
Untuk selanjutnya akan dibahas tentang jenis-jenis benda berdasarkan klasifikasi tertentu. 

Jenis-Jenis Benda

Ada berbagai macam benda di dunia ini. Semua bisa digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan antara lain : sifat, bentuk, warna, kekuataan, bahan penyusun, dll.

Benda Hidup dan Benda Mati 

Benda hidup disebut juga makhluk hidup, yakni terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Untuk bisa disebut makhluk hidup, ada beberapa ciri yang harus dipenuhi, antara lain : 
  • Bergerak.
  • Berkembang biak.
  • Bertumbuh.
  • Menanggapi rangsang.
Sedang benda mati adalah kebalikan dari benda hidup. Contoh benda mati antara lain : mobil, sepeda, kayu, tembok, cincin, kompor, dll.

Berdasarkan Bahan Dasar

Ada benda alami ada benda buatan manusia. Semua benda buatan manusia tersusun atau dibuat dari bahan-bahan tertentu. Apa saja itu?
  • Benda Berbahan Dasar Kayu
  • Benda Berbahan Dasar Karet
  • Benda Berbahan Dasar Logam
  • Benda Berbahan Dasar Plastik
  • Benda Berbagan Dasar Kaca

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca uraian di bawah ini :

Kayu

Kayu berasal dari pohon yang ditebang. Ada banyak sekali benda yang berasal dari kayu, contohnya meja, kursi, pintu, kusen, sumpit maupun dipan. 

Kelebihan benda yang terbuat dari kayu adalah mudah dibentuk dan ringan. Sedang kekurangannya adalah mudah terbakar, bisa lapuk dan dimakan rayap. 

Karet

Karet terbuat dari olahan getah pohon karet. Ada banyak contoh benda yang terbuat dari karet, seperti ban, sandal, penghapus dan karet gelang. 

Kelebihan benda yang terbuat dari karet adalah ringan, tidak berkarat, tahan rayap dan mudah dibentuk. Meski demikian kekurangannya antara lain tidak terlalu tahan panas. 

Logam 

Logam terbuat dari hasil pengolahan tambang logam, seperti besi, nikel atau tembaga. Contoh benda yang terbuat dari logam antara lain kerangka mobil, sepeda, pisau dan paku. 

Kelebihan logam adalah lebih tahan panas, dapat didaur ulang, tidak pecah, tidak mudah hancur, sangat kuat, dan cukup mudah dibentuk. Kekurangan logam adalah berkarat dan berat. 

Plastik

Plastik terbuat dari olahan biji plastik. Contoh benda yang terbuat dari plastik adalah kantong kresek, mainan, pembungkus dan tumbler.

Kekurangan bahan plastik adalah mudah terbakar, menyebabkan pencemaran serta tidak baik untuk kesehatan. Sedang kelebihan bahan plastik adalah mudah dibentuk, tahan lama, tahan air dan tidak berkarat. 

Kaca

Kaca terbuat dari olahan biji kaca. Contoh benda yang terbuat dari kaca adalah jendela, spion, kacamata dan piring.

Kekurangan bahan kaca adalah mudah pecah. Sedang kelebihannya tidak berkarat, ringan, tahan rayap, tahan air, dan mudah didaur-ulang. 

Selain berdasarkan bahan penyusunnya, benda juga bisa digolongkan berdasarkan bentuk, warna dan kegunaan. 

Itulah materi untuk kali ini. Selanjutnya Anda bisa mendapatkan referensi soal-soal latihan Benda Di Sekitarku Tema 3 Subtema 2 Kelas 3 SD. 

Posting Komentar untuk "Benda di Sekitarku | Materi Tema 3 Subtema 2 Kelas 3"