Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita untuk Anda

15 Soal Cerita Operasi Hitung Sederhana Untuk Kelas 3 SD

Berikut adalah kumpulan soal cerita matematika untuk anak kelas 3 dengan metode penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. 

Kerjakan Soal-Soal Berikut Dengan Teliti!

  1. Ibu membeli 32 butir telur. Ia lalu membeli lagi 24 butir. Berapa jumlah butir telur ibu sekarang? 
  2. Ayah memiliki empat kandang ayam. Ia lalu membuat 9 kandang lagi. Berapa jumlah kandang yang dimiliki ayah?
  3. Tono punya tiga kantong plastik. Tiap kantong berisi 19 ekor ikan hias. Berapa jumlah ikan hias yang dimiliki Tono?
  4. Budi akan memelihara anak ayam. Ia membuat 10 kandang. Kemudian Budi membeli 60 anak ayam. Berapa anak ayam yang terdapat dalam masing-masing kandang jika Budi membaginya sama banyak?
  5. Bu Guru membeli 25 butir permen. Dibagikan kepada lima muridnya, yakni Sekar, Made, Rahayu, Jaka dan Bambang. Berapa permen yang didapat masing-masing anak?
  6. Di kandang Pak Marto ada 12 induk bebek. Tiap hari mereka bertelur satu butir. Berapa jumlah telur yang ada di kandang dalam waktu 5 hari? 
  7. Surti suka sekali buah mangga. Ia memetik 40 buah mangga. Tiga diberikan kepada Banu, dua diberikan pada Maman dan sembilan diberikan kepada Tiur. Berapa sisa mangga untuk Surti?
  8. Pemerintah kota akan membagikan delapan paket sembako untuk masyarakat. Setiap paket terdiri dari beras, gula, telur dan 10 bungkus mi instan. Berapa bungkus mi instan yang dibutuhkan jika akan dibagikan 500 paket?
  9. Di sebuah peternakan ada 20 kandang sapi. Setiap kandang berisi lima ekor sapi. Berapa jumlah sapi dalam kandang tersebut?
  10. Tante Vina membeli 15 butir telur. Di jalan, telurnya pecah. Kini Tante hanya punya 9 butir telur saja. Berapa telur yang pecah?
  11. Enam orang remaja, yakni Cakra, Pandu, Eka, Nyoman, Andi dan Hotman akan bermain kelereng. Paman Raharja memberi 30 butir kelereng. Berapa kelereng yang didapatkan oleh masing-masing dari mereka jika dibagi sama banyak?
  12. Kartika senang sekali memelihara kelinci. Ia punya 5 ekor kelinci. Sayang tadi malam dua ekor hilang. Tinggal berapa kelinci Kartika.
  13. Ayu punya 14 buah kue. Ia ingin membaginya kepada Candra dan Surya. Berapa kue yang didapatkan oleh masing-masing dari mereka?
  14. Paman Trenggono punya 5 ekor kambing. Ia membeli lagi 4 ekor. Lalu suatu malam, 2 ekor hilang. Sekarang, berapa jumlah kambing Paman?
  15. Salim suka sekali bermain layang-layang. Ia punya 24 layang-layang. Sayangnya, ada beberapa yang rusak. Ia lalu membuang yang rusak, sehingga layang-layang Salim tinggal 17. Berapa buah layang-layang yang rusak?


Soal-soal di atas adalah soal cerita dengan berdasarkan operasi hitung sederhana berbasis penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ditulis dengan variasi dan tingkat kesulitan beragam agar bisa memotivasi siswa untuk berpikir dengan penalaran dan secara terstruktur. 

Posting Komentar untuk "15 Soal Cerita Operasi Hitung Sederhana Untuk Kelas 3 SD"